Rabu, 01 Oktober 2014

Hari Batik Nasional

Pagi ini begitu sampai di kantor saya dikejutkan dengan kabar bahwa hari ini adalah hari batik nasional, begitu saya bukan komputer untuk bekerja iseng buka google, dan ternyata google juga merayakan hari batik nasional, kemudian saya berfikir apabila hari ini serempak seluruh negeri dan internasional merayakan hari batik nasional maka hari ini juga mulai merasakan rasa nasionalis untuk membudayakan ciri bangsa kita.


keputusan merayakan hari batik nasional saya pikir langkah yang cerdas dari pemerintah kita, selain untuk mempatenkan bahwa batik adalah khas indonesia(supaya tidak diakui negara tetangga) tapi ini juga merupakan katalis yang baik untuk meramaikan pasar batik indonesia. di domestik pasti makin banyak pedagang akan akan menjual batik, sehingga akan diikuti dengan munculnya produsen batik secara besar besaran. belum lagi ide dan inovasi desain dari batik yang bisa sangat beragam akan bermunculan dan membuat batik suatu saat akan menjadi trend baru dalam fashion.

batik sangat elegan sebagai icon bangsa kita, karena selain icon itu bisa digunakan sebagai seragam kerja, sebagai fashion untuk bepergian dan santai, atau pun digunakan secara formal pada acara pernikahan atau momen moment spesial, batik juga tidak punya patern dan aturan yang pasti bagaimana batik itu seharusnya, sehingga hal ini dapat memunculkan berbagai macam corak dan desain yang menarik.

batik sebagai fashion dapat mudah menjadi trend karena kita bisa menggunakannya sebagai oleh oleh kepada kawan internasional kita dan apabila kawan internasional kita itu menggunakannya di luar negeri maka akan menjadi media promosi yang sesuai. mungkin akan banyak permintaaan batik diluar negeri sebagai pengganti fashion luar yang sudah mulai jenuh dengan desain yang hampir mirip, jadi bisa saja batik menjadi trend fashion dunia suatu saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar