Selasa, 30 September 2014

Pro Contra Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi dapat membawa ke dampak positif dan negatif, sehingga apabila kita menghindari dampak negatif tidak dengan cara menghambat perkembangannya atau membatasi perkembangannya apalagi cuek mengenai teknologinya karena teknologi pasti akan berkembang, dan untuk menyikapinya adalah  dengan mengatur arah dan penggunaan teknologinya yang akan di budayakan ke arah positif.
"Perkembangan teknologi dapat membawa ke dampak 
positif dan negatif"

khusus untuk teknologi yang dapat di akses dan digunakan oleh semua orang seperti teknologi informasi yang dapat diakses oleh pria, wanita, anak, remaja dan orang tua akan membuat ruang bebas sehingga semua kalangan bisa saling berkomunikasi antar kalangan. karena apabila kita mengakses internet kita tidak akan dapat membedakan pengguna yang mengakses anak kecil, remaja atau orang dewasa sehingga hal ini bisa membawa ke efek positif ataupun negatif.


"teknologi informasi dapat membuat ruang bebas antar kalangan untuk berkomunikasi"

untuk orang dewasa melakukan kejahatan atau kebaikan adalah tanggung jawab sendiri karena kata dewasa diartikan bahwa orang tersebut telah mengetahui dan bisa membedakan antara sesuatu yang baik dan tidak baik. berbeda halnya dengan anak anak, mereka masih harus diajarkan untuk membedakan antara yang baik dan tidak. apabila orang dewasa menggunakan internet dan melakukan kejahatan maka dia harus mempertanggungjawabkan apa yang dilakukannya.

karena anak anak juga menggunakan teknologi ini maka kewajiban orang tua adalah membimbing anak supaya anak menggunakan teknologi internet dengan bijak kearah positif. pertanyaan yang mendasar adalah siapkah orang tua untuk membimbing anak dan bukan melarang anak, karena orang tua yang kolot dan tidak dapat menggunakan internet akan bereaksi dengan berbagai cara ada yang langsung melarang anak agar tidak menggunakan internet sehingga anak tidak mengakses page berkonten dewasa, ada pula yang bersifat cuek saja dan percaya sama anaknya, karena anaknya lebih pintar untuk menggunakan teknologi tersebut.

anak yang sudah bebas akan cenderung untuk berbuat salah walaupun tidak semua seperti itu, namun apabila anak langsung dibebaskan tanpa ada pengawasan maka hal ini kemungkinan bisa terjadi. oleh karena itu mau tidak mau maka orang tua harus belajar cara menggunakan teknologi internet sehingga orang tua dapat mengajarkan anaknya dan tentunya anaknya merasa diawasi oleh orang tuanya.

"anak yang lebih pintar dari orang tuanya terkadang akan meremehkan orang tuanya dan tidak mau untuk mendengarkan saran karena anak merasa orangtuanya tidak berkualifikasi di bidang itu"

anak yang lebih pintar dari orang tuanya terkadang akan meremehkan orang tuanya dan tidak mau untuk mendengarkan saran karena anak merasa orangtuanya tidak berkualifikasi di bidang itu, hal ini harus di hindari karena orang tua adalah pembimbing anak. dengan kemajuan teknologi yang cepat maka selayaknya orang tua harus mengikuti teknologi karena anak akan mengikutinya teknologi tersebut. orang tua tidak boleh cuek dan membiarkan anak mencari tanpa ada bimbingan, karena status anak berarti masih tanggung jawab orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar