Kamis, 09 Oktober 2014

Apabila seorang anak bertanya politik itu apa?

siapkah anda sebagai seorang orang tua, paman, aunty, kakek, ibu, kakak atau guru apabila ditanyakan oleh anak apa itu politik, jawaban sederhana apa yang harus anda keluarkan agar anak mengerti apa itu politik tanpa anak itu harus bingung dan kemudian mengurungkan niatnya untuk bertanya lagi karena menganggap anda tidak berkompeten untuk menjawab pertanyaan dia.


"anak bingung dan kemudian mengurungkan niatnya untuk bertanya lagi karena menganggap anda tidak berkompeten"

apakah anda akan menjawab secara tata bahasa politik berasal dari bahasa belanda politiek dan bahasa inggris politcs yang keduanya di sadur dari bahasa yunani politika yang artinya berhubungan dengan negara. secara etimologi politik adalah hal hal yang berhubungan dengan kekuasaan dan saat ini tidak dibatasi hanya pada urusan konstitusional negara dan masyarakat, tapi politik juga termasuk ke ranah perusahaan dan keluarga.


"politik adalah hal hal yang berhubungan dengan kekuasaan untuk berbagai urusan konstitusional negara dan masyarakat"

beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata politik adalah sebagai berikut, semoga kita dapat mempunyai definisi yang lebih sederhana untuk menjelaskannya kepada orang terdekat yang bertanya pada kita.

Contoh 1:
Politik bahasa nasional memberikan bobot kekuatan terhadap bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa daerah atau bahasa asing.

arti kata politik diatas adalah:  pengaruh bahasa nasional, efek yang ditimbulkan bahasa nasional, kekuatan yang tersimpan dalam bahasa nasional, 

Contoh 2:
karena politiknya pada rekan dan anak buahnya dia dapat menjadi direktur utama yang paling berpengaruh sepanjang sejarah perusahaan

arti kata politik diatas adalah: kharisma pada rekan dan anak buah, sosialisasi pada rekan dan anak buah, pengaruh pada rekan dan anak buah

dalam dua contoh diatas, maka secara sederhana kita dapat menjelaskan ke anak kecil dengan sederhana bahwa politik adalah pengaruh yang dapat ditimbulkan(padanan kata)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar